Apa Itu Branded Content Instagram?

Didefinisikan sebagai penerbit atau konten kreator yang menampilkan atau dipengaruhi oleh partner bisnis demi nilai tukar. Branded Content Instagram jika dibahasa Indonesiakan adalah Konten Bermerek di Instagram. Sederhananya adalah penggabungan antara Influencer marketing dengan Instagram Ads.

Jadi dengan Branded Content Instagram ini, brand yang dimaksudkan itu bisa mempromosikan dengan menggunakan Instagram Ads, dan juga dipublikasikan oleh Influencer atau Brand ambassador secara langsung dari Facebook Business Manager nya.

Menurut hasil riset dari Instagram, 68% pengguna Instagram lebih banyak berinteraksi terhadap unggahan konten yang diposting oleh Influencer atau Brand ambassador daripada yang dilakukan melalui iklan. Sehingga ini merupakan strategi brand dalam menggunakan Instagram sebagai media kanal marketing menjadi sangat efisien dan efektif.

TerkadangĀ  barang seperti pakaian, makanan, atau jasa seperti penginapan hotel dan sebagainya disediakan untuk ditukar dengan postingan dari Influencer atau Brand ambassador tersebut. Sekarang saatnya mempelajari bagaimana cara beriklan menggunakan Branded Content Instagram.

Sumber: req.co

Cara Mulai Branded Content Instagram

Langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan fitur ini adalah menyambungkan akun Business Manager ke akun Instagram Influencer tersebut. Maka dari itu brand harus meminta izin persetujuan dari Influencer untuk menyambungkan akunnya ke akun brand. Caranya seperti ini :

– Buka halaman pengaturan akun Instagram dan klik Bisnis

– Lalu klik menu Konten Bermerek/Branded Content

– Lalu nyalakan pilihan Require Approvals, dan pilih Partner Bisnis yang disetujui

– Kemudian cari dan pilih siapa Influencer yang ingin atau sedang bekerjasama dengan brand Anda.

Terakhir Anda hanya tinggal menunggu permintaan tersebut diterima atau disetujui oleh pihak Influencer yang diajak kerjasama. Satu hal yaitu, Influencer yang diajak kerjasama dengan brand harus menjadi akun Kreator terlebih dahulu, bukan akun bisnis bahkan pribadi. Setelah pihak dari akun influencer menyetujui permintaan dari kita, maka selanjutnya kita bisa langsung mempromosikannya melalui Business Manager layaknya membuat iklan dari Facebook Ads, caranya :

– Buka halaman Facebook Ads, kemudian di halaman Campaign buat campaign brand tersebut dan pilih objective campaign iklan. Branded Content Instagram hanya dapat digunakan untuk App installs, Brand Awareness, Reach, Traffic, Video views, Conversions, dan Page post engagement.

– Lalu akan masuk ke halaman Ad Set, buatlah siapa audiens yang akan ditargetkan untuk brand Anda, kemudian buat jadwalnya, dan ketahui berapa budget yang telah disediakan untuk beriklan di halaman Ad Set ini. Dan yang terakhir di menu placement atau penempatan iklan, pilih Instagram. Karena iklan ini akan Anda post untuk Branded Content Instagram

– Selanjutnya anda akan masuk ke halaman Ad, pilih Use Existing Post (gunakan postingan yang ada) lalu klik Select Post (pilih postingan).

– Terakhir pilih Branded Content dan pilihlah postingan yang sudah ditandai oleh Influencer atau Brand ambassador untuk brand Anda.

Itulah beberapa cara beriklan dari Branded Content Instagram kemudian beralih ke Facebook Ads yang dapat kami sampaikan.

Keunggulan

Kalau dilihat secara sekilas, Branded Content Instagram tentu saja ini memilki keunggulan atau kelebihan seperti memberikan kebebasan brand untuk menjangkau luas audiens, karena kita ketahui sendiri media social Instagram ini memiliki banyak pengguna aktif dan dalam penggunannya sangat mudah untuk kalangan apapun, apalagi dengan melalui akun Infuencer atau artis- artis terkenal yang tingkat engagement atau pendapatannya sangat tinggi. Dan ketika calon customer ini tertarik dengan apa saja yang di review oleh Influencer tersebut, maka akan bisa langsung diarahkan menuju halaman landing dari konten Influencer tersebut.

Anda bisa memanfaatkan kepopuleran media social Instagram ini, dengan banyaknya pengguna dari Instagram ini tentu sangat memberikan kesempatan yang besar untuk calon costumer Anda dengan melihat promosi-promosi produk atau brand Anda. Didukung beberapa fitur yang membantu seperti Hashtag yang sangat populer dikalangan pengguna maka produk atau brand Anda akan memudahkan pengguna untuk menemukannya. Maka dari itu Instagram ini masih menjadi salah satu media yang cukup efektif dan efisien untuk mempromosikan bisnis.

Kekurangan

Salah satu dari kekurangan menggunakan Branded Content Instagram ini adalah banyaknya persaingan yang ketat, para pengguna biasanya tidak hanya akan menemukan satu toko brand atau satu Influencer saja, dan biasanya Influencer juga tidak hanya mempromosikan barang dari hanya 1 produk brand saja, kecuali Anda memilih Influencer ini untuk menjadi Brand ambassador produk Anda.

Maka dari itu rajin untuk upload serta interaksi juga harus dilakukan brand dan Influencer untuk mendapat atensi dan perhatian lebih untuk menarik perhatian dari pengguna yang merupakan calon costumer Anda. Apalagi Instagram ini merupakan media yang memiliki timeline yang terus berjalan cepat dan terbatas waktunya, jika tidak terus aktif dan berinteraksi maka kesempatan untuk terlihat dan diperhatikan oleh pengguna akan semakin kecil. Kemudian terkait Budgeting. Ya, pengeluaran yang digunakan untuk Branded Content ini lumayan besar yaitu dua kali biaya beriklan.

Pertama adalah biaya dari Facebook Ads atau Business Manager, yang kedua adalah membayar harga kerjasama antara brand dengan Influencer yang mempromosikannya, terkadang biaya yang ditawarkan dari pihak Influencer bermacam-macam, pilihlah yang terbaik untuk menjadi Brand ambassador produk Anda. Dan selanjutnya adalah karena yang mempromosikan adalah Influencer nya, maka seluruh engagement atau keterikatan seperti Like, komentar, share dan peningkatan followers yang terjadi adalah menjadi milik Influencer tersebut. Tetapi brand Anda juga tetap dapat impact atau efek dari promosi Influencer ini.

Branded Content Instagram sejatinya menguntungkan kedua belah pihak, satu sisi Anda bisa memaksimalkan kampanye iklan brand Anda dengan melalui Influencer sebagai Brand ambassador. Sisi lainnya adalah Influencer tersebut dapat lebih banyak engagement untuk memaksimalkan konten yang dia buat dan kreasikan.

 

Scroll to Top